Senin, 22 Oktober 2012

Sumber Daya Alam Indonesia

8komentar

Sumber daya alam di Indonesia semua potensi alam dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sumber daya alam adalah semua kekayaan alam berupa benda mati atau makhluk hidup di bumi dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Proses pembentukan sumber daya alam di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor,antara lain:
1. Astronomis, Indonesia terletak di daerah tropis dengan curah hujan tinggi menyebabkan berbagai jenis tumbuhan dapat tumbuh subur. Oleh karena itu, Indonesia kaya akan berbagai jenis tanaman.
2. Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan pergerakan lempeng tektonikdan jalur gunung muda menyebabkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dieksploitasi.
3. Laut daerah di Indonesia mengandung berbagai sumber daya nabati, hewani, dan mineral seperti ikan, rumput laut, mutiara dan minyak tambang.

Distribusi Sumber Daya Alam
Sumber daya hayati terdiri dari hewan dan nabati yang tersebar di darat dan laut selainhutan yang luas, Indonesia memiliki perkebunan dan pertanian tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Jumlah dan kualitas sumber daya alam sangat banyak dan tersebar di berbagai daerahdi Indonesia selain kualitas yang sangat baik yang dapat diekspor di berbagai negarasehingga dapat memenuhi devisa negara.

Jenis sumber daya alam yang diekspor seperti minyak bumi, gas alam dan mineral lainnya dan pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan industri pariwisataselain hasil juga dapat diekspor ke luar negeri.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Sebagai modal dasar, sumber daya alam harus dimanfaatkan sepenuh-penuhnya tetapi dengan cara yang tidak merusak. Oleh karena itu, metode yang digunakan harus dipilih untuk mempertahankan dan mengembangkan basis modal yang lebih bermanfaat untuk pengembangan selanjutnya.
Para ahli memanfaatkan sumber daya alam dengan teknologi canggih. Berkualitas ahli yang akan menghasilkan benih berkualitas dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan menghasilkan kualitas industri.

Teknologi yang digunakan bersama dengan alat-alatnya yang berkembang dengan cepat mempercepat dan memfasilitasi alat produktivitas yang ahli menggunakan fitur-fitur canggih seperti Indonesia masih kurang di negara maju namun para ahli Indonesia masih bisa menghasilkan sumber daya alam yang memuaskan.

kontaminasi
Pemilik akibat aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan kondisi alam karenaunsur-unsur baru atau meningkatnya jumlah unsur-unsur baru yang menyebabkanberbagai jenis pencemaran seperti:
1. Polusi udara: hasil limbah industri, limbah pertambangan, asap rokok, asap kendaraan karena karbon monoksida, karbon dioksida, sulfur dioksida, yang menyebabkan kesulitan dalam menghirup udara tercemar.
2. Polusi suara dapat dihasilkan dari kebisingan mobil, pesawat kereta api, dan jet.
3. Pencemaran air dari pembuangan industri tetap sembarangan bisa mencemarkansungai dan laut.
4. Tanah kontaminasi.

Kontaminasi dapat dicegah dengan tidak membuang limbah sembarangan sepertipabrik-pabrik yang selalu membuang limbah, mengurangi kendaraan berasap dan mengurangi kebisingan yang ada dan banyak lainnya. 

Mengatasi polusi

  1. Dengan melakukan penghijauan dan reboisasi, penghijauan dan reboisasi untuk mencegah kerusakan lingkungan yang berkaitan dengan air, tanah dan udara.
  2. Dengan membuat sengkedan pada lahan miring untuk mencegah erosi dan memelihara kesuburan tanah yang berbukit-bukit dan miring.
  3. Pengembangan daerah aliran sungai merupakan daerah peta dari kerusakan dan pencemaran karena sering terjadi erosi tanah di dekat sungai.
  4. Pengelolaan air limbah

- Pengaturan untuk kawasan industri jauh dari daerah pemukiman
- Mencegah saluran pembuangan tidak bocor
- Air limbah industri menimbulkan, diwajibkan memasang peralatan pengendali polusi.

      5. Pembongkaran tempat pembuangan sampah dengan cara berikut:
1. terbakar
2. untuk makanan ternak
3. untuk biogas
4. untuk bahan pupuk

     6. Dengan mengatur daur ulang bahan yang digunakan dan limbah organik.
Description: Sumber Daya Alam Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Swantara Firmanu - ItemReviewed: Sumber Daya Alam Indonesia Rating Artikel : 5 Jumlah Voting : 99 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar